ANALISIS SKRIPSI: Sistem Pakar Untuk Menentukan Profesi Pekerjaan Sesuai Dengan Kepribadian

Tugas Analisis Skripsi Mata Kuliah Sistem Informasi Psikologi (Soft Skill)

Judul Skripsi: “Sistem Pakar Untuk Menentukan Profesi Pekerjaan Sesuai Dengan Kepribadian”

Penulis: Saefudin

Jurusan Sistem Informasi

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

2010

Latar Belakang

Penulisan skiripsi ini oleh penulis (Saefudin) dilatarbelakangi dengan perkembangan teknologi komputer, yang diiringi pula oleh berkembangnya kecerdasan buatan. Salah satu dari  kecerdasan buatan adalah Sistem Pakar. Saat ini terdapat beberapa masalah seseorang tidak bisa menikmati pekerjaan tersebut, karena pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan kepribadian yang dimiliki, oleh sebab itulah sistem pakar ini dibuat untuk membantu seseorang menentukan pekerjaan apa yang sesuai dengan kepribadiannya, sehingga bisa bekerja dengan maksimal, karena menikmati dan menyukai profesi pekerjaan yang akan jalani. Berdasarkan uraian latar belakang yang dipaparkan penulis, maka penulis menentukan judul dalam skripsi ini adalah “SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN PROFESI PEKERJAAN SESUAI DENGAN KEPRIBADIAN” dengan menggunakan kepribadian seseorang sebagai objek untuk melakukan pembuatan aplikasi sistem pakar.

Pembahasan

Penulis memakai tipe kepribadian Sanguinis, Phlegmatis, Koleris, dan Melankolis sebagai tipe kepribadian yang akan digunakannya dalam membuat Sistem Pakar. Pengetahuan mengenai kepribadian tersebut tentunya perlu dikumpulkan dari pakar dalam bidang tersebut, yaitu Psikolog karena kepribadian merupakan cakupan dari kajian psikologi. Tipe-tipe kepribadian tersebut di-input dalam sistem pakar, berikut dengan ciri-ciri kepribadian dari tipe tersebut. Untuk mengguanakan sistem pakar tersebut, pengguna cukup mencentang ciri-ciri kepribadian yang paling sesuai dengan dirinya yang disajikan dalam jendela aplikasi sistem pakar. Setelah selesai,  pengguana akan diberi penjelasan mengenai tipe kepribadiannya dan profesi yang disarankan.

Gambar Dari Sistem Pakar

Pengguna mencentang ciri-ciri kepribadian yang sesuai dengan dirinya.

Ciri kepribadian sistem pakar

Pengguna memperoleh hasil analisis dari sistem pakar seperti gambar di bawah.

 Hasil Diagnosa sistem pakar

Ket: Gambar diambil dari skripsi ini

Kesimpulan

Penggunaan sistem pakar ini dapat membantu dalam menyelesaikan masalah yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah menentukan jenis profesi yang sesuai dengan kepribadian. Sistem pakar dibuat berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari seorang pakar dari bidang psikologi. Pengetahuan tersebut dijadikan data yang di-input pada aplikasi sistem pakar. Dengan begitu pengguna yang menggunakan aplikasi sistem pakar ini akan mendapatkan informasi seperti dari pakarnya langsung.

 

Daftar Pustaka:

Sistem Pakar Untuk Menentukan Profesi Pekerjaan Sesuai Dengan Kepribadian

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s