Kesehatan Mental dan Ujian Sekolah

Tugas               : Membuat artikel berdasarkan fenomena yang terjadi pada masyarakat saat ini dan disesuaikan dengan teori Kesehatan Mental

Mata Kuliah    : Kesehatan mental

 

            Dalam mengahadapi detik-detik menuju ujian di sekolah pasti kita akan merasakan perasaan cemas, stres, dan tertekan. Dari perasaan-perasaan tersebut bisa menimbulkan efek yang cukup besar dan membuat panik, atau mungkin hanya dianggap sebagai suatu kewajaran semata oleh kita. Tergantung bagaimana kita menanggapinya. Dalam hal ini siswa atau mahasiswa yang memiliki kondisi mental yang sehat lah, yang akan lebih tenang, namun mampu menghadapi ujian dengan lancar.

            Dengan kondisi mental yang baik, siswa atau mahasiswa dapat berfikir lebih terbuka dan meminimalisir tekanan yang dirasakannya. Dengan begitu, mereka dapat dengan mudah menyusun strategi belajar dan lebih fokus.

            Lalu, bagaimana dengan siswa atau mahasiswa yang kesehatan mentalnya kurang baik dalam menghadapi ujian? Mereka tidak percaya diri dan pesimis, sehingga terkadang melakukan hal-hal yang tidak masuk akal atau hal buruk. Sering kita temui pada masa ujian kegiatan menyontek, yang padahal dapat merugikan dirinya bila ketahuan, bahkan bagi orang lain yang sudah belajar sungguh-sungguh dan mengerjakan secara jujur. Sering terjadi pula, siswa yang menangis histeris sampai perlu diamankan oleh guru setelah mengerjakan soal ujian.

            Mengapa hal-hal tersebut bisa terjadi? Tentu saja karena mereka tidak mampu mengatasi segala tekanan yang mereka alami menjelang ujian. Terlebih lagi bila orangtua dari siswa memberikan tekanan dengan menuntut prestasi yang baik. Tuntutan bermacam-macam dari banyak pihak dengan kesiapan yang kurang membuat beban dipikiran semakin menumpuk, padahal untuk mempelajari materi pelajaran saja sudah cukup berat. Maka, penting sekali untuk menjaga kesehatan mental kita dalam menghadapi berbagai hal dalam kehidupan kita. Dengan begitu, hal-hal tidak perlu dapat dihindari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s