Chatting

Tugas Psikologi dan Teknologi Internet Minggu Ke-7

Cara Berkomunikasi di Internet

Pada masa sekarang, mudah bagi kita untuk berkomunikasi satu sama lain tanpa batas jarak dan waktu dengan adanya internet. Berbagai macam layanan aplikasi di internet untuk berkomunikasi. Berikut ini terdapat tipe-tipe berkomunikasi di internet:

a. Tatap Muka Internet : komunikasi yang terjadi antara 2 orang tidak lebih dimana komunikasi yang bersifat private.Contoh : email, private chat, dll

b. Relasional/Komunitas : Komunikasi yang terjadi antara 1 orang dengan orang banyak dimana kominikasi ini bersifat umum dan dipublikasikan. Contoh Forum, Room Chat, dan lain sebagainya.

c. Informasi Service : Komukasi yang terjadi antara suatu badan usaha untuk memberikan layanan informasi kepada orang banyak dimana komunikasi ini bersifat layanan. Contoh : WWW (Word Wide Web) jadi istilahnya kalo kita mengetikan suatu website di webbrowsing yang awalnya www. Merupakan website service information.

Dari contoh tipe-tipe di atas tentunya sudah kita kenal dan tidak asing lagi, atau bahkan sudah terbiasa menggunakan layanan-layanan tersebut. Salah satu yang populer adalah chat atau sering disebut juga chatting.

Untuk melakukan chatting biasanya populer menggunakan Yahoo Messenger. Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan praktis tanpa menggunakan Yahoo Messenger, yaitu melalui Yahoo Mail. Meskipun pada dasarnya cara yang harus dilakukan adalah sama, namun cara ini cukup efisien karena tidak perlu login dari Yahoo Messenger. Kita dapat langsung chat ke komunitas ataupun ke teman-teman kita ketika sedang login ke dalam halaman Yahoo Mail.

Untuk bisa chat langsung dari halaman yahoo mail, kamu hanya perlu menambahkan aplikasi adobe flash player. Setelah menginstalnya, kita bisa langsung chatting dari yahoo mail. Ini bermanfaat bila kita dapat menunggu e-maik yang masuk sambil chatting.

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah login ke account Yahoo kamu. Setelah login, akan terlihat perintah untuk menginstal adobe flash player. Kemudian di-klik tulisan yang berada dalam kotak warna biru. Setelah di-klik, kamu akan menuju ke halaman baru (instal adobe flash player) yang akan menampilkan halaman untuk menginstal aplikasi adobe tersebut. Kemudian klik ‘agree and instal now’ untuk mendowload. Setelah selesai di download, jangan lupa tutup jendela web browser yang sedang dijalankan untuk menginstal aplikasi tersebut di komputer.Lalu coba lagi login ke account yang kita miliki, dan klik ‘start a new chat’, kemudian masukkan id teman yang kamu pilih untuk memulai chat. Tetapi kalau sudah ada beberapa orang teman atau id yang telah di-add sebelumnya, maka disitu akan terlihat jika ada teman yang sedang online.

Sumber:

http://dickynd.wordpress.com/2008/11/30/10-cara-jitu-berkomunikasi-dalam-internet/

http://www.andyfebrian.com/cara-chatting-melalui-yahoo-mail/

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s