Apa Itu Bandwidth, ISP, dan FTP..

Tugas Psikologi dan Teknologi Internet # Minggu Keempat

 

Bandwidth

Bandwidth adalah besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website milik kita ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal data center mereka maupun ke eksternal yaitu internet publik.

Misalnya kita anda memiliki halaman web sebesar 50KB, maka setiap pengunjung halaman web yang membuka halaman tersebut akan mengunduh informasi atau data sebesar 50 KB ke komputer mereka. Jika ada 100 pengunjung ke halaman tersebut maka telah terjadi transfer data sebesar 5000 KB dari server dimana file kita berada ke komputer pengunjung. Jadi, Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan besaran data yang telah ditransfer keluar dari kuota space hosting anda.

Besaran bandwidth yang kita butuhkan tergantung pada besar file pada website yang kita miliki dan popularitas dari website. Semakin besar file yang kita miliki maka semakin besar banwidth yang dibutuhkan. Apabila website tersebut populer maka pengunjung website tersebut akan banyak, maka semakin besar banwidth hosting yang kita perlukan.

 

ISP

ISP (Internet Service Provider ) adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. Contoh ISP yang terdapat di Indonesia yaitu, Speedy dan Telkomnet Instant. Perusahaan ini menghubungkan kepada pelanggannya yang menggunakan teknologi data yang sesuai, untuk menyampaikan Internet Protocol datagrams, seperti dial-up, DSL, dan kabel modem.

ISP biasanya menyediakan Internet e-mail kepada para pelanggannya yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan satu sama lain dengan mengirim dan menerima pesan elektronik(e-mail) melalui ISP server, seperti Telkomnet Instant. ISP juga menyediakan layanan lain seperti media penyimpanan file serta layanan lainnya. Sekarang ISP telah berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.

 

 

FTP

File Transfer Protokol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Terdapat dua hal penting yang dalam FTP adalah FTP server dan FTP Client.

FTP server menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client. Tujuan FTP server adalah, untuk berbagi data, serta menyediakan indirect atau implicit remote komputer, tempat penyimpanan bagi user, dan transfer data yang reliable dan efisien. Sedangkan, FTP client adalah komputer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

FTP sebenarnya merupakan cara yang tidak aman untuk mentransfer file karena file tersebut ditransfer tanpa melalui enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format Binary. Secara umum, FTP menggunakan mode ASCII untuk transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu dienkripsi (dikodekan).

FTP biasanya menggunakan dua buah port yaitu port 20 dan 21 dan berjalan exclusively melalui TCP. FTP server Listen pada port 21 untuk incoming connection dari FTP client. Biasanya port 21 untuk command port dan port 20 untuk data port. Pada FTP server, terdapat 2 mode koneksi yaitu aktif mode dan pasif mode.

 

Sumber:

http://hafidz.blog.uns.ac.id/2009/04/19/apa-itu-bandwidth/ (diakses pada 25 September 2011)

http://dedenthea.wordpress.com/2007/02/08/apa-itu-ftp/ (diakses pada 25 September 2011)

http://iwan.cahbag.us/2009/06/apa-itu-isp_30.html (diakses pada 25 September 2011)

 

 

 

 

 

Iklan

One thought on “Apa Itu Bandwidth, ISP, dan FTP..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s