Apa Itu IP Address, Domain, dan DNS?!

Tugas Psikologi dan Teknologi Internet Minggu Kedua

 

IP Address (Alamat IP)

Setiap computer yang terhubung dengan Internet, memiliki tanda pengenal yang unik, yang disebut dengan IP Address atau Alamat IP. Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Apa yang dibutuhkan selama mengakses Internet sebenarnya hanyalah IP Address. Misalnya untuk mengakses Google, Anda dapat mengetikkan http://72.14.253.104 di web browser, halaman utama Google akan tampil. Domain name digunakan untuk memudahkan kita, membuat alias untuk http://72.14.253.104 menjadi google.com.

 

Domain

Domain Name (Nama domain) adalah nama unik yang digunakan sebagai alias dari satu alamat IP server. Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang di alamatkan oleh domain tersebut. Domain digunakan karena pengalamatan dengan menggunakan IP Address dinilai kurang manusiawi, kebanyakan orang kesulitan menghafal berdigit-digit angka.

Domain name lebih mudah diingat sehingga kita dapat masuk dalam suatu server dengan mudah, misalnya google.com, yahoo.co.id, detik.com, facebook.com dan lain-lain.
COM dan ID dalam contoh di atas disebut top level domain atau first-level domain. Masih ada ratusan top-level domain lainnya, seperti ORG, NET, EDU, dan kombinasi dua huruf untuk setiap Negara seperti UK untuk Inggris, IN untuk India, ID untuk Indonesia dan lain-lain.

Setiap top level domain diikuti oleh second-level domain seperti google, yahoo, Wikipedia, dan lain-lain. Setiap nama top-level domain harus bersifat unik, duplikasi hanya dapat berlaku pada top-level domain yang lain, misalnya Wikipedia.org menunjukkan dua mesin yang berbeda sama sekali. Dalam kasus yahoo.co.id, yahoo merupakan third level domain. Terdapat kemungkinan 127 level di bawah top-level domain, walaupun lebih dari empat level sudah sangat jarang digunakan.

 

Domain Name Server (DNS)

Setiap komputer yang terhubung dalam jaringan menggunakan IP Address sebagai namanya. Nama yang terbaca oleh manusia, seperti URL http://www.yahoo.com, atau alamat email abcde@yahoo.com, tentu lebih mudah diingat. Tapi komputer tidak demikian, ia tidak memiliki kecerdasan untuk mengingat nama, komputer hanya mampu mengenal angka, itupun terbatas pada angka binary 0 dan 1. Maka digunakan DNS (Domain Name Server) yang akan menerjemahkan alamat tersebut menjadi IP Address, agar dapat dikenali oleh komputer.

Setiap domain name memiliki DNS (Domain Name Server) yang menangani request kepadanya. DNS ini bisa tersebar di mana saja, tidak terpusat pada suatu mesin. DNS adalah database terbesar dan tersibuk di dunia. Setiap hari melayani jutaan request dan perubahan. Ketika Anda membuka web browser, mengetikkan alamat website dan menekan tombol Enter, maka kita akan muncul halaman utama dari website tersebut. Request tersebut bisa dipenuhi dan tidak tersasar ke alamat lain karena adanya DNS.

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/

http://bloggingly.com/apa-itu-domain-name-nama-domain/

http://soulofmyheart.blogspot.com/2009/05/apa-itu-domain-name-server-dns.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s