Evolusi dan Saya

Tugas    : Matematika & IAD

Tema     : Am I Evoluting

Dalam sepanjang hidup manusia selalu diiringi dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidupnya, baik itu perubahan kecil maupun perunahan besar akan berpengaruh dalam hidup manusia. Dikenal pula istilah evolusi yaitu perubahan yang memakan waktu lama secara bertahap. Definisi evolusi memiliki perbedaan pada setiap cabang ilmu, tetapi sebenarnya intinya sama saja, yaitu perubahan.

Evolusi  sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yang artinya membuka gulungan atau membuka lapisan. Kemudian bahasa itu diserap menjadi bahasa inggris evolution yang berarti perkembangan secara bertahap. Kemudian dipakai untuk menjelaskan makna lainnya pada cabang ilmu lain sehingga kalimat untuk mendefinisikan kata ini pun menjadi berbeda satu sama lain. Pengertian . Pada ilmu sejarah evolusi didefinisikan sebagai perkembangan ekonomi, sosial dan politik tanpa adanya paksaan dari waktu ke waktu secara sedikit demi sedikit dan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan menurut Ilmu Pengetahuan Alam, evolusi adalah perkembangan makhluk hidup dari bentuk yang sederhana ke betuk yang lebih kompleks menuju kesempurnaan secara bertahap dan memakan waktu yang sangat lama. Contoh dari binatang atau hewan kera menjadi manusia, ikan menjadi reptil, dan lain sebagainya. Menurut definisi ini, evolusi terbagi lagi menjadi evolusi kosmik dan evolusi organis. Evolusi kosmik adalah evolusi yang terjadi pada lingkungan abiotik atau lingkungan tidak hidup / tak hidup. Sedangkan evolusi organik adalah evolusi yang terjadi pada lingkungan biotik pada mahluk hidup dari generasi ke generasi.

Menurut saya sendiri evolusi terjadi dalam diri kita, karena sepanjang hidup kita dari lahir hingga dewasa ini terjadi perubahan yang terjadi secara bertahap. Misalnya saja kemampuan verbal kita. Ketika bayi kita tidak dapat berbicara, hanya mengeluarkan suara-suara tanpa makna atau menangis. Pada usia balita kemampuan kita dalam memahami dan melakukan pembicaran dengan orang dewasa atau perintah-perintah sederhana sudah dapat dimengerti oleh kita, walaupun masih sangat terbatas. Semakin dewasa kita mulai mampu memahami, merangkai, atau berbicara kalimat-kalimat sulit,  dan kemampuan menerima informasi juga semakin baik.

Perubahan yang terjadi tidak hanya terbatas pada itu saja, tetapi juga dalam banyak hal. Mulai dari mental, kemampuan memecahkan masalah, ideologi-ideologi hidup kita, dan banyak lagi. Menurut saya masuk akal bila saya menyebut perubahan-perubahan tersebut sebagai evolusi, karena semua itu tejadi dalam proses yang tidak sebentar dan kemampuan tersebut meningkat secara bertahap.

Sumber :

http://organisasi.org/pengertian_arti_definisi_evolusi_serta_jenis_dan_macam_evolusi_evolusi_kosmik_dan_evolusi_organik_pengetahuan_sains_biologi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s