Nama Bumi yang Saya Inginkan?!

Tugas : Matematika dan IAD #

Tema  : Bila Aku Mengganti Nama Bumi

Sudah berapa lama Anda tinggal di Bumi? Wah, pastinya sudah lama sekali sejak kita dilahirkan, dan nenek moyang kita sudah tinggal di Bumi sejak ribuan tahun yang lalu. Bumi memang sudah ada terlebih dahulu sebelum manusia ada. Lalu siapa yang memberi nama Bumi kita ini, ya? Apakah orang yang pertama ada di Bumi, atau hasil kesepakatan manusia-manusia terdahulu? Tidak ada yang tahu pasti dari mana asal nama –nama Bumi tersebut yang berbeda di setiap daerah atau negara. Saya sendiri mencoba memikirkan nama baru untuk Bumi, bila saya diberi kesempatan untuk itu. Nama yang saya inginkan adalah Banyubiru, seperti nama orang dan berbau Bahasa Jawa. Banyu sendiri berarti air, dan biru adalah warna biru.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa 70,8% permukaan bumi diliputi air, dan warna air yang membuat Bumi tampak seperti planet berwarna biru. Jadi, tidak ada salahnya, kan, bila saya memberi nama tersebut. Air hanya dapat ditemui di Bumi dan di planet inilah air sebanyak itu berada, meskipun dinyatakan oleh para ahli bahwa di Mars pernah terdapat air. Air di Bumi dapat berwujud cair , padat, atau gas. Dalam bentuk cair kita dapat melihatnya dan menggunakannya dalam kehidupan nyata sehari-hari, seperti air di sungai, danau , laut dan sebagainya, serta air yang biasa kita gunakan untuk minum, mandi, mencuci, atau memasak. Dalam bentuk gas dapat kita amati bila kita memasak air sampai mendidih tetapi kita biarkan, maka air yang di dalam panci tempat kita memasak  menyusut karena telah menguap menjadi gas. Selain itu, air yang berbentuk padat adalah es, dalam kehidupan sehari-hari kita sering meminum minuman dingin yang diberi es atau es-es yang turun menjadi hujan salju pada musim dingin.

Keberadaan air di Bumi sangat penting sekali, tanpa adanya air di Bumi semua makhluk hidup tidak akan dapat hidup. Air merupakan kebutuhan yang vital bagi seluruh makhluk hidup. Manusia sendiri terdiri dari air sebanyak 80% dalam tubuhnya. Tergambar jelas dari pernyataan pada kalimat sebelumnya bahwa, air bagi manusia sangat penting demi kelangsungan hidupnya, begitu pula makhluk hidup lainnya. Tanpa adanya air bersih manusia tidak dapat hidup dengan baik, tetapi bila air datang terlalu banyak seperti air bah, banjir bandang dan tsunami, maka akan menjadi musibah yang sangat merugikan dan dapat mematikan kehidupan yang ditimpa musibah tersebut.

Pada dasarnya perlu di ketahui bahwa, Bumi memiliki komposisi kimianya. Kandungan utamanya adalah besi(32,1%), oksigen (30,1%), silikon (15,1%), magnesium (13,9%), sulfur (2,9%), nikel (1,8%), kalsium (1,5%), and aluminium (1,4%); dan 1,2% lainnya terdiri dari berbagai unsur-unsur langka. Karena adanya  proses pemisahan massa, di bagian inti Bumi dipercaya memiliki kandungan utama besi (88,8%) dan sedikit nikel (5,8%), sulfur (4,5%) dan selebihnya kurang dari 1% unsur langka. Menurut ahli geokimia F. W. Clarke memperhitungkan bahwa sekitar 47% kerak bumi terdiri dari oksigen. Batuan-batuan paling umum yang terdapat di kerak bumi hampir semuanya adalah oksida (oxides); klorin, sulfur dan florin adalah kekecualian dan jumlahnya di dalam batuan biasanya kurang dari 1%. Oksida-oksida utama adalah silika, alumina, oksida besi, kapur, magnesia, potas dan soda. Fungsi utama silika adalah sebagai asam, yang membentuk silikat. Ini adalah sifat dasar dari berbagai mineral batuan beku yang paling umum. Berdasarkan perhitungan dari 1,672 analisa berbagai jenis batuan, Clarke menyimpulkan bahwa 99,22% batuan terdiri dari 11 oksida.

Dari keterangan-keterangan di atas tak ada salahnya dengan penamaan Banyubiru untuk nama Bumi bila diganti. Anda pun berhak mencoba untuk memberi nama bumi yang baru, karena Bumi merupakan tempat tinggal kita bersama, serta Anda pun berkewajiban menjaga kelestariannya.

Referensi :

http://aimyaya.com/id/kesehatan/manfaat-utama-air-untuk-tubuh-manusia/

http://id.wikipedia.org/wiki/Bumi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s